Skip to content
July 16, 2016 / kimsanada

Ada Apa Dengan Pokemon?

Pokemon Go begitu populer belakangan ini. Dulunya Pokemon hanya berupa film kartun, sekarang merambah ke dunia game. Perpaduan cara main berburu Pokemon di dunia nyata menggunakan kecanggihan teknologi smartphone merupakan sebuah ide bisnis yang cerdas.

Ide brilian menggabungkan dunia digital dan dunia nyata menjadi daya tarik tersendiri. Penggemar Pokemon sejak tahun 90an bisa ikut merasakan menjadi seorang Pokemon Trainer, nggak cuma nonton filmnya saja. Tak heran, banyak orang yang getol banget mainin game satu ini hingga lupa waktu.

Fenomena boomingnya game Pokemon Go ini memunculkan berita-berita terbaru hampir setiap hari. Sebagian berisi berita sisi negatif karena efek bermain game ini, sebagian lain berisi berita positif.

Ada pemain Pokemon Go yang melakukan perburuan Pokemon hingga dini hari, dari satu daerah ke daerah lain.

Ngerinya lagi, bahkan ada yang merasa harus mempertaruhkan nyawanya ketika bermain Pokemon. Meskipun si pemain sudah kena tusuk pisau, tapi dia tetap bersikukuh menyelesaikan misi berburu Pokemon.

Di belahan dunia yang lain, ada dua pria yang jatuh dari tebing berpasir karena keasyikan berburu Pokemon. Beruntung keduanya selamat.

Seseorang yang cerdas melihat peluang, tak akan mau menjadi konsumen sebuah produk semata. Pastilah ia akan mencari sesuatu yang bisa menjadi uang. Seperti halnya kabar adanya jasa mobil antar keliling kota untuk mencari Pokemon. Mobil tersebut difasilitasi wifi dan charger yang mana itu sangat menggiurkan bagi seorang pemain Pokemon Go.

Saya pribadi melihat kehebohan sosial atas game berbasis dunia nyata ini sebagai hal yang perlu dicermati. Sampai tulisan ini saya ketik, saya sama sekali belum mendaftar game Pokemon Go. Meskipun ada hasrat penasaran yang mendalam, saya coba untuk menahan dulu. Karena saya kuatir akan kecanduan main Pokemon Go. Sampai saat ini saya memutuskan untuk menjadi penonton terlebih dulu.

Peluang usaha berkat demam Pokemon Go yang mewabah dimanfaatkan oleh beberapa pengusaha. Ada kafe yang menawarkan wifi gratis dan charger ponsel.

Saya pikir, kehebohan Pokemon Go ini merupakan awal mula perubahan besar dalam industri game berbasis dunia nyata. Prediksi saya, setelah ini akan muncul game-game lain yang menggunakan teknologi yang sama dan developer game lain akan berusaha meniru jejak sukses game yang telah diunduh oleh 10 juta lebih pengguna ini.

Merk Pokemon yang sudah dikenal sejak tahun 90an menjadi kekuatan besar yang layak meledak pertengahan tahun 2016 ini. Sensasi menjadi Pokemon Trainer tidak hanya dinikmati melalui layar kaca saja, tapi penggemarnya benar-benar dilibatkan dalam permainan “nyata”.

Bijaklah ketika memainkan Pokemon Go. Jangan terlalu larut dalam arus permainan yang tiada berujung. Lingkungan sosialmu juga perlu untuk kau sentuh langsung.

Kedua mata juga jangan selalu terpaku pada layar ponsel cerdasmu karena keluarga dan sahabat-sahabatmu pun butuh untuk diperhatikan.

Waktu takkan pernah kembali. Jadi, manfaatkan waktumu sebaik-baiknya. Bermainlah sekedarnya. Jangan ke rumah ibadah kalau hanya untuk main Pokemon tapi fokus beribadahlah karena kita tak tahu berapa sisa usia kita. Betul?🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: