Skip to content
November 28, 2011 / kimsanada

Prioritas itu Kudu Diperjuangin!

Gue tanya sekali lagi padanya.

“Hei, Dar! Apa maksud lo ngumpetin kunci motor gue???”

Haidar hanya senyam-senyum saja. Cengar-cengir kayak kerbau dicocok hidungnya. Mimik mukanya tetep tengil minta ditonjok.

Kunci motor yang tadi sempet ngilang, udah kembali di tangan gue. Tapi terlambat. Semuanya udah kacau. Agenda yang udah gue susun jadi berantakan gara-gara Haidar, teman sejurusan yang tengil itu.

“Gue udah nyusun jadwal susah payah buat hari ini, tapi lo berantakin semuanya!”

Orang-orang di depan gedung fakultas gue pada ngeliatin ke arah gue dan Haidar berdiri. Gue cuek bebek sama orang-orang itu. Gue cuma keselnya sama temen gue yang ngumpetin kunci motor.

“Entah sekarang gue masih dipercaya Pak Andre lagi atau nggak! Gue udah janjian sama dia buat konsul skripsi gue dan gue telat sepuluh menit!”

“Hehe. Sori, Men.. Gue cuman becanda tadi. Nggak usah diambil ati gitu.. Lagian juga cuman telat sepuluh menit doang.. Nggak papalah, Men..”

Haidar masih juga bisa cengar-cengir. Ampun deh, tuh anak. Suka kebangetan kalo becanda.

“Lo nggak kenal sih siapa Pak Andre. Jadi lo bisa ngomong begitu. Dia nggak suka mahasiswanya telat! Ngerti nggak, lo?!”, nada bicara gue makin meninggi. Geram abis.

“Iya, iya.. Sori, Men.. Sante aja lagi.. Udah sono, temuin Pak Andre.. Makin telat lo ntar.”

Asli. Tengil abis tuh orang. Minta ditonjok beneran. Tapi bener apa kata dia, makin keabisan waktu kalo gue ngurusin si Haidar terus. Biarlah ntar gue lanjut lagi kemarahan gue di kos. Iya, dia itu temen sejurusan juga sekosan gue.

“Awas lo, Dar!!”, itu kalimat terakhir gue sebelum beranjak dari hadapan si Haidar.

Skripsi gue udah di ujung tanduk. Walopun telat, gue bakal tetep perjuangin konsultasi skripsi gue. Ngelarin skripsi emang udah jadi prioritas utama gue tahun ini. Gue harus lulus akhir tahun ini. Harus. Malu sama yunior yang udah pada lulus duluan.

Sepeda motor gue pacu kencang. Sepuluh menit lagi berlalu, gue udah ada di depan kantor Pak Andre. Kantor beliau emang masuk kategori deket kalo pake sepeda motor. Beda kalo gue harus jalan kaki, itu hal yang paling bikin gue males. Itu kenapa gue kalang kabut waktu kunci motor diumpetin si Haidar.

Pak Andre itu selain dosen kampus gue, juga dosen terbang. Ditambah aktifitas sebagai peneliti yang biasa pergi kemana-mana buat ngelaksanain tugas penelitiannya. Susah abis bikin janji sama si bapak.

Bergegas gue menuju ke ruangan Pak Andre. Gue usap keringet di jidat sambil berlari. Tapi bukannya ilang, keringet gue malah makin netes. Apalagi gue lupa ngelepas jaket dari parkiran tadi.

Gue lihat cewek yang gue kenal. Dia mulai beranjak dari tempat duduknya sembari membawa setumpuk kertas.

“Mbak.. Mbak.. Tunggu bentar. Hah.. Hah..”, gue terengah-engah manggil Sekretaris Pak Andre.

“Ada apa, Bim?”

“Maaf, Mbak.. Hah.. Pak Andrenya ada di ruangan?”

“Pak Andre udah pergi tuh, Bim. Kamu telat, sih..”, Si Mbak tersenyum.

“Yaaah.. Mati gue!”, gue nepok jidat.

“Udah.. Nggak papa, Bim. Pak Andre nggak marah kok..”

“Hah?? Tumben beliau nggak marah, Mbak?”, gue heran.

“Mbak juga nggak tau sebabnya apa. Tapi beliau ninggalin pesan nih buat kamu.”, Si Mbak Sekretaris nyodorin sebuah lipatan kertas.

Gue terima kertas itu. “Makasih, Mbak..”

“Ya udah, Mbak mau bawa arsip ini dulu ya..”

“I.. Iya, Mbak. Makasih loh..”

Si Mbak tersenyum lagi. Manis memang. Selalu dagdigdug tiap ketemu Sekretaris Pak Andre itu. Seenggaknya meredam kejengkelanku sama Haidar.

Lipatan kertas tadi gue buka. Tertulis dengan jelas nggunain tinta hitam tebal dari pena Pak Andre:

Bima, maaf bapak tinggal dulu. Saya terlalu sibuk untuk menunggu.

Sampai ketemu waktu wisuda nanti, silahkan cari dosen pembimbing lain.

Ganti dosen pembimbing sama halnya ngelakuin gambling. Bisa jadi dosen pengganti nggak suka dengan penelitian gue, itu artinya ada materi yang harus disesuaikan. Bisa-bisa kelulusan gue mundur lagi.

Lutut gue lemes seketika.

– – –

P.S: 
Cerpen ini untuk ngelunasin utang #NovemberMenulisBlog edisi 20 November 2011, bertema: prioritas. :)

3 Comments

Leave a Comment
  1. RiMuTho / Dec 1 2011 10:58 am

    “Iya, iya.. Sori, Men.. Sante aja lagi.. Udah sono, temuin Pak Andre.. Makin telat lo ntar.”

    bener tuh bang,jangan terlalu terburu-buru

    • kimsanada / Dec 6 2011 12:10 pm

      Justru ceritanya kalo nggak buru-buru ntar makin telat kok bro..:mrgreen:

Trackbacks

  1. Butuh Kritik dan Saran nih, Gan.. « Kimsanada's Blog

Leave a Reply

