Skip to content
November 15, 2011 / kimsanada

Mereka Membuatku Iri!!!

Ada beberapa hal di dunia ini yang tampak seperti kekurangan, namun sebenarnya ada banyak pelajaran yang bisa dipetik dari hal-hal itu.

Beberapa hal itu membuatku iri. Aku iri pada mereka-mereka di gambar / foto yang aku sertakan berikut ini. Mereka itu beberapa guru kehidupan.

Pemulung (lifestyle.kompasiana.com)

Pemulung di gambar atas bikin iri banget. Tokoh itu dengan ceria tetep ngelakuin pekerjaannya sebagai pemulung meskipun hasil yang didapat nggak seberapa, meskipun harus berkutat dengan barang bekas, sampah, sampah dan sampah. Tokoh pemulung itu tetep berjuang untuk sesuap nasi, yang penting hasilnya halal. Lirik aja, terutama orang-orang berdasi di atas kursi empuk yang nyari duit sebanyak-banyaknya membabi buta, tanpa mau tau itu diperolehnya dengan jalan halal atau haram.

Pengemis (karyasiswaku.wordpress.com)

Pengemis yang tengah tidur itu bikin ngiri abis. Bermodalkan sebuah kardus, dia bisa tidur di jalanan tanpa mempedulikan tempat yang sebenarnya nggak layak menjadi tempat tidurnya. Sedangkan aku, terkadang masih merasa nggak nyaman dengan kasur empuk dan bantal bermacam bentuknya. Aku malu dibandingkan dengannya yang bisa menikmati tidurnya walau hanya dengan beralaskan kardus.

Rumah (bogormania.blogspot.com)

Aku juga iri pada situasi di foto Rumah. Lihat aja, beberapa penghuninya tengah asik di dalam rumah. Mereka tampak merasa berada di dalam rumah. Rumah yang apa adanya itu tak membuat mereka memutuskan untuk minggat dari sana. Malu rasanya, kalo aku ingin punya rumah mewah, rumah gede dengan perabotan serba lengkap. Balik lagi ngeliat mereka, yang ada hanya malu dan iri. Iri ingin bisa seperti mereka, yang bisa menerima hidup apa adanya. Menjalani hidup dengan khidmat tulus apa adanya lebih baik daripada hidup bermewah-mewah tapi mengharapkan pujian orang lain, kan?

Makan (situsbina.wordpress.com)

Lihat anak kecil itu. Dia makan sesuatu yang sebenarnya tidak layak dia dapatkan. Jujur, aku miris melihatnya. Dia tampak kurus, bener-bener butuh makanan. Iri rasanya melihat kelahapan anak kecil itu makan. Dia makan apapun yang dia temui, sedangkan aku malu. Aku terkadang menolak makanan yang sudah ada untukku. Terkadang aku juga menyisakan makananku, padahal di luar sana masih ada orang-orang yang kesusahan untuk makan.

– – –

Itulah mereka. Orang-orang yang membuatku iri.

Bagaimana denganmu, sobat?🙂

10 Comments

Leave a Comment
  1. ilcharama ilyas (@ilcharama) / Nov 16 2011 6:35 am

    Syukur adalah senjata utama melawan ke–malu–anmu itu nda…
    Keep writing

  2. iam / Nov 16 2011 7:45 pm

    Hmm.. bener tuh! Untuk yang pemulung, harga diri mereka lebih tinggi dibanding orang2 kaya yang gak tau halal-haram >.<

  3. Maya / Nov 16 2011 8:49 pm

    Ya Allah… Ya Rabb…
    Aku miris banget lihatnya x_x

    kim, dapat PR dari aku nih:

    http://nurmayantizain.blogspot.com/2011/11/tulisan-berantai-pr-sekolah-dasar.html

    dikerjakan yaaa ^__^

  4. wilhelm13 / Nov 17 2011 12:56 pm

    nah ini dy post yg membuat kita bersyukur dgn apa yg Tuhan berikan pada kita,,,
    dan tentunya kita juga jgn lupa untuk berbagi pada mereka yg membutuhkan..🙂

  5. ki ageng ganjur / Nov 18 2011 4:24 am

    Kebebasan memang mahal harganya dan kadang membuat kita iri….mereka begitu bebas, tanpa beban dan tetap tegar menghadapi kerasnya kehidupan

  6. hybrid car / Nov 18 2011 11:08 am

    Tak terbilang sebenarnya anugerah yang telah kita terima selama ini…
    Kita semua harus lebih pandai bersyukur, daripada hanya protes dan selalu merasa tidak puas.

    Tulisan yang menyentuh sob…🙂

  7. ysalma / Nov 18 2011 12:05 pm

    Kalau kita mau “sedikit” aja untuk mau “membuka mata” dan melihat kesekeliling, betapa syukur harusnya berada dalam setiap tarikan nafas kita ya.
    # Posting yang sangat mengingatkan nilai sebuah nikmat🙂.

  8. baju wanita / Nov 18 2011 1:26 pm

    tersentuh bacanya…mudah2an banyak dari kita yang tergerak hatinya…

  9. Leo Ari Wibowo / Nov 18 2011 11:17 pm

    Kebetulan tadi sebelum membaca artikel mas, saya membaca berita, pemerintah (SBY) membeli pesawat terbang kepresidenan seharga 431 Milyar. Walaupun sah-sah saja membeli pesawat kepresidenan, tapi setelah membaca artikel mas yang ini, kok rasanya kebangetan banget ya.

  10. fyrdha zakaria / Nov 25 2011 4:12 pm

    kadang mata kita melihat bnyak kejadian diatas. namun mata hati kita yang pura” buta, tulisan ini membuat mata lahir dan mata hati kita semua terbuka. thanks kang🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: