Skip to content
October 19, 2011 / kimsanada

Udah Terbiasa Nyatet, Belum?

Catatan itu masih penting untuk dilestarikan. Buatku, mencatat itu jadi semacam kebiasaan.

Kalo secara konvensional, mencatat itu make pulpen dan kertas, sekarang ponsel udah bisa menggantikan peran keduanya.

Yak, sejak kenal ponsel, aku setia manfaatin fitur kalender. Hampir tiap ngrencanain suatu kegiatan, aku bakal nyatet pake fitur itu.

Bagaimanapun, ponsel udah jadi semacam barang wajib bawa. Daripada sekedar sebagai alat komunikasi doang, aku manfaatin aja tuh fitur kalender, lagian kan fitur itu emang dibuat untuk ngingetin kegiatan. Paling nggak sampai sebulan ke depan, rencana kegiatan udah disusun sedemikian rupa di ponsel.

Nggak hanya untuk nyatet rencana kegiatan, bahkan dulu pas awal kuliah, aku nggunain fitur kalender ponsel untuk ngerinci pengeluaran finansial tiap hari. Jadi bener-bener bisa ngontrol pengeluaran. Nggak ada tuh yang namanya kaget karena pengeluaran membengkak.🙂

Atau sekedar nyatet ide nulis cerita atau tema blog, aku gunain fitur kalender atau SMS di ponsel.

Walopun aku bilang, ponsel bisa nggantiin fungsi kertas dan pulpen, tapi faktanya tetep ada kelemahannya. Kalo batre habis, ya nggak bakal bisa ngakses catatan kita sama sekali. Ada kalanya nyatet pake cara konvensional itu punya nilai lebih kok. Ribet dikit nggak masalah. Yang penting nggak usah tergantung sama tenaga batre.:mrgreen:

Kesimpulanku sih, teknologi itu bisa jadi menggantikan, bisa jadi juga melengkapi cara konvensional, tergantung situasi dan kondisi.🙂

Jadi inget, seorang kawan pernah bertanya:

Teman: “Mas, aku ini pelupa. Gimana ya caranya biar nggak lupa lagi?”

Kurang lebihnya kujawab gini:

Aku: “Hmm.. Tulis aja apa yang mau kamu kerjain. Di kertas mungkin, terus kamu masukin ke kantong pakaian.”

Teman: “Wah.. Aku aja suka lupa naruhnya. Dulu pernah begitu, tapi malah lupa kertasnya nggak kebawa pas pergi.”

#KemudianHening.

Bisa-bisanya, saking terlampau parahnya sampai begitu.😆

Aku: “Yaudah, barang yang biasanya kamu bawa apa?”

Teman: “Apa ya?” *keliatan mikir*

Aku: “Kalo hape pasti dibawa terus, kan?”

Teman: “Iya, Mas..”

Aku: “Nah, tulis aja di hapemu. Aku biasa kok nulis di fitur kalendernya.”

Endingnya malah aku yang lupa. Segitu aja ah, obrolannya.:mrgreen:

Fungsi kalender di ponsel itu terkadang diabaikan oleh beberapa orang. Yang diutamain cuma fitur telepon sama SMS, apalagi kalo yang punya ponsel canggih, isinya internetan sama BBM-an mulu.:mrgreen:

Nggak akan rugi kok, kalo terbiasa nyatet rencana aktifitas kita. Malahan bisa diingatkan pas buka-buka ponsel. Alhasil, peluang ngelewatin acara sekecil apapun bisa diminimalisir.

Apakah mencatat udah menjadi bagian dari kebiasaan Anda, teman?😉

2 Comments

Leave a Comment
  1. Ilcharama Ilyas / Oct 19 2011 11:05 am

    Untuk itukah dalam membeli gadget saya g pernah lupa cek kapasitas memori, dan juga fitur memo, apalagi kalo ada agenda, bner2 something banget deh…😛

Trackbacks

  1. Durasi Waktu Sama, Produktifitas Gimana? « Kimsanada's Blog

Leave a Reply

