Skip to content
April 28, 2011 / kimsanada

Pelajaran Berharga dari Seorang Pandji Pragiwaksono

Masih berkaitan dengan tulisan kemarin, tentang musik indie, saya terkesan dengan seorang Pandji Pragiwaksono. Awalnya saya mengenal dia sebagai seorang host acara tivi Kena Deh. Kalau saya nilai, dapet banget tuh feel dia di program tivi itu. Sampai terekam jelas dalam memori otak saya, kalau nemu kata Kena Deh, ya ingetnya Pandji, dan begitu pula sebaliknya.πŸ˜€

simphonymusic.com

Begitu saya kecemplung ke dunia twitter, saya kok memperoleh informasi baru tentang Pandji. Saya kira dia hanya seorang pembawa acara, eh ternyata dia penyanyi juga. Bahkan lebih khusus, dia seorang rapper. Keren. Saya memang kagum sama orang-orang yang bisa ngerap. Mampu melafalkan kata per kata dengan cepat dan fasih itu menakjubkan. Nggak sembarang orang bisa melakukannya.πŸ˜€

Balik ke paragraf pertama kalau saya terkesan dengan seorang Pandji. Kenapa bisa gitu?

Di tengah gencarnya musik yang tabu untuk dibagi gratis karena nggak mendatangkan pemasukan bagi si musisi, Pandji malah melawan kondisi seperti itu. Melalui website pribadinya, pandji.com, dia malah mempersilahkan pengunjung yang datang untuk mengunduh gratis lagu-lagu karyanya. Selain itu, Pandji juga tetap menyediakan albumnya dalam bentuk CD dengan harga Rp.50.000. Bukankah itu harga yang kemahalan untuk sebuah CD lagu? Tapi Pandji membuktikan walaupun dengan harga setinggi itu, peminatnya tetap ada loh.πŸ™‚

Pandji pun mengklaim telah menjual 1000 CD dalam 30 hari. Ada tuh informasinya di e-book dia. Link dua e-book tulisan Pandji akan saya bagiin. Isinya tentang beberapa trik yang dilakukan Pandji untuk menawarkan lagu-lagunya. Sulap bukan, sihir pun bukan, saya sampai kaget baca tulisannya. Recommended banget nih e-book buat musisi muda yang ingin sukses melalui jalur indie. Menggetarkan jiwa dan sangat menyemangati!πŸ˜€

Unduh langsung gan, mumpung belum dihapus sama yang punya:

Buat musisi indie (terutama yang baru berkomitmen untuk maju) jangan berkecil hati. Belajarlah dari Pandji Pragiwaksono. Belajarlah melalui dua e-booknya. Mantap gan..πŸ˜€

*Band saya, Soundrise, sedang berusaha menerapkan apa yang diajarkan Pandji. Semoga lebih berhasil. Amiiin.πŸ˜€

6 Comments

Leave a Comment
  1. Kris / Apr 28 2011 7:25 am

    Wow,emang menginspirasi bgt mas Pandji itu,
    suka rapper?wah sleranya sama nih masbro,πŸ˜€

    • kimsanada / Apr 28 2011 7:47 am

      Wahahaha.. Setelah sama-sama penyuka Jin Kazama, ternyata suka rapper juga.. Tosss..πŸ˜€

      • Kris / Apr 28 2011 8:17 am

        aha,sip deh *toss
        tapi aku bukan plagiat loh ya?wkwk

  2. BanLamet Pradjiwaksono Ganevo / Oct 2 2011 8:50 pm

    Ajari Aku Tentang Duniamu

  3. detry handayani / Feb 11 2012 6:04 pm

    emang dasar keren dah bang pandji itu

  4. amiew / Feb 24 2012 5:01 pm

    pandji emang keren banget, banyak hal yang bisa dipelajari dari dia mulai dari musik, buku sampe ttg negaraπŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: