Skip to content
April 24, 2011 / kimsanada

Setting Tampilan Blogspot Mobile Version

Tampaknya aneh jika membahas trik mengenai blogspot di blog wordpress, tapi ini faktanya. Artikel ini yang berbicara.:mrgreen:

Penulisan ini karena didorong oleh hobi blogwalking saya. Seringnya saya BW lewat media ponsel. Lebih khusus setia make Opera Mini. Setiap halaman web yang saya buka, ya saya nikmati lewat tampilan layar mungil di ponsel. Kalau tampilan blog di wordpress.com atau blog berhosting dengan CMS wordpress sih mending tuh tampilannya, ramah ponsel. Berbeda jika ternyata blog yang saya kunjungi itu berbasis blogger.com. Tulisan ini bukan bertujuan mengkotak-kotakan dua model blog yang berbeda, tapi justru membantu memberi informasi agar tukang BW yang pake ponsel tuh merasa nyaman.

Saya lupa sumber script yang saya sertakan di bawah ini. Mohon maaf.๐Ÿ™‚

Namun, ada banyak artikel yang telah menginformasikan tentang hal ini.๐Ÿ™‚

Ini dia scriptnya:

<script type=’text/javascript’>(function(a,b){if(/android|avantgo|blackberry|blazer|compal|elaine|fennec|hiptop|ip(hone|od)|iris|kindle|lge |maemo|midp|mmp|mobile|o2|opera m(ob|in)i|palm( os)?|p(ixi|re)\/|plucker|pocket|psp|smartphone|symbian|treo|up\.(browser|link)|vodafone|wap|windows ce; (iemobile|ppc)|xiino/i.test(a)||/1207|6310|6590|3gso|4thp|50[1-6]i|770s|802s|a wa|abac|ac(er|oo|s\-)|ai(ko|rn)|al(av|ca|co)|amoi|an(ex|ny|yw)|aptu|ar(ch|go)|as(te|us)|attw|au(di|\-m|r |s )|avan|be(ck|ll|nq)|bi(lb|rd)|bl(ac|az)|br(e|v)w|bumb|bw\-(n|u)|c55\/|capi|ccwa|cdm\-|cell|chtm|cldc|cmd\-|co(mp|nd)|craw|da(it|ll|ng)|dbte|dc\-s|devi|dica|dmob|do(c|p)o|ds(12|\-d)|el(49|ai)|em(l2|ul)|er(ic|k0)|esl8|ez([4-7]0|os|wa|ze)|fetc|fly(\-|_)|g1 u|g560|gene|gf\-5|g\-mo|go(\.w|od)|gr(ad|un)|haie|hcit|hd\-(m|p|t)|hei\-|hi(pt|ta)|hp( i|ip)|hs\-c|ht(c(\-| |_|a|g|p|s|t)|tp)|hu(aw|tc)|i\-(20|go|ma)|i230|iac( |\-|\/)|ibro|idea|ig01|ikom|im1k|inno|ipaq|iris|ja(t|v)a|jbro|jemu|jigs|kddi|keji|kgt( |\/)|klon|kpt |kwc\-|kyo(c|k)|le(no|xi)|lg( g|\/(k|l|u)|50|54|e\-|e\/|\-[a-w])|libw|lynx|m1\-w|m3ga|m50\/|ma(te|ui|xo)|mc(01|21|ca)|m\-cr|me(di|rc|ri)|mi(o8|oa|ts)|mmef|mo(01|02|bi|de|do|t(\-| |o|v)|zz)|mt(50|p1|v )|mwbp|mywa|n10[0-2]|n20[2-3]|n30(0|2)|n50(0|2|5)|n7(0(0|1)|10)|ne((c|m)\-|on|tf|wf|wg|wt)|nok(6|i)|nzph|o2im|op(ti|wv)|oran|owg1|p800|pan(a|d|t)|pdxg|pg(13|\-([1-8]|c))|phil|pire|pl(ay|uc)|pn\-2|po(ck|rt|se)|prox|psio|pt\-g|qa\-a|qc(07|12|21|32|60|\-[2-7]|i\-)|qtek|r380|r600|raks|rim9|ro(ve|zo)|s55\/|sa(ge|ma|mm|ms|ny|va)|sc(01|h\-|oo|p\-)|sdk\/|se(c(\-|0|1)|47|mc|nd|ri)|sgh\-|shar|sie(\-|m)|sk\-0|sl(45|id)|sm(al|ar|b3|it|t5)|so(ft|ny)|sp(01|h\-|v\-|v )|sy(01|mb)|t2(18|50)|t6(00|10|18)|ta(gt|lk)|tcl\-|tdg\-|tel(i|m)|tim\-|t\-mo|to(pl|sh)|ts(70|m\-|m3|m5)|tx\-9|up(\.b|g1|si)|utst|v400|v750|veri|vi(rg|te)|vk(40|5[0-3]|\-v)|vm40|voda|vulc|vx(52|53|60|61|70|80|81|83|85|98)|w3c(\-| )|webc|whit|wi(g |nc|nw)|wmlb|wonu|x700|xda(\-|2|g)|yas\-|your|zeto|zte\-/i.test(a.substr(0,4)))window.location=b})(navigator.userAgent||navigator.vendor||window.opera,'http://—-.blogspot.com/?m=1');</script>

Mohon maaf jika tampilan artikel ini jadi nggak rapi, karena saya nyertain script di atas.๐Ÿ™‚

Ganti domain anda di bagian yang saya tebal-hitamkan.๐Ÿ™‚

Jika misalkan anda memiliki domain sendiri dengan hosting blogger.com, ganti bagian itu menjadi domain yang anda gunakan saat ini. Misalnya menjadi: http://penahitam.web.id

Lalu copy-paste aja semuanya ke menu edit template akun blogger anda.

Tempel script tersebut tepat di bawah tulisan:

</b:template-skin>

Jangan lupa untuk menyimpan settingan terbaru itu.๐Ÿ™‚

Sebagai tambahan info, script tadi nggak bisa bekerja jika masih memakai template default blogger.com, jadi harus ganti dulu.๐Ÿ™‚

Saya memang udah membuktikan trik ini karena diam-diam saya juga punya akun di blogger.com. Hehehe.

Atau jika nggak ingin ribet, anda bisa share ke teman-teman anda dengan langsung menambah sedikit “ekor” di belakang domain anda. Misalnya: http://penahitam.web.id/?m=1

Lihat perbedaannya:

Saya mendapat informasi ini dari adik saya yang ngeblog di penahitam.web.id.

Penambahan sedikit link pada domain, bisa kita gunakan untuk menikmati tampilan ramah ponsel dari blog berbasis blogger.com. Coba buktikan sendiri. Sekiranya ada tahapan yang salah, nanti saya ralat.๐Ÿ™‚

Semoga tulisan ini bermanfaat.๐Ÿ™‚

2 Comments

Leave a Comment
  1. r10 / Apr 24 2011 6:28 am

    setahu aku template default blogspot bisa dibuka versi mobil otomatis kalau sudah disetting

    untuk template non default musti ditambahkan ?m=1

  2. dhila13 / Apr 24 2011 8:02 am

    pertamaaa komeenn *ga penting..

    wuah… bisa pake setting segala ya. aku aja susah komen klo blogwalking via hape.. *sedih๐Ÿ˜ฆ

Leave a Reply

