Skip to content
April 19, 2011 / kimsanada

Selamat Menikmati Ujian Nasional, Dik!

Dalam setiap perjalanan hidup, tentu kita akan bertemu dengan yang namanya ujian. Saat itulah dapat diukur sejauh mana kompetensi yang telah kita miliki. Semacam ujian kesabaran, ujian ketelatenan, ujian menghormati orang lain dan Ujian Nasional. Loh, kok nyampe ujian nasional? Hehe.

Jadi, artikel ini ditujukan khusus untuk muda-mudi SMA yang hendak menjalani Ujian Nasional. Melalui Ujian Nasional, sedikit banyak akan ketahuan seberapa tingkat pemahaman kita terhadap materi yang sudah kita pelajari. Dengan berbagai kontroversi, Ujian Nasional tetap akan dilaksanakan tahun ini. Jangan gentar, kawan-kawan! Matahari dan bulan masih setia mengitari bumi kok.๐Ÿ™‚

dianapratiwi16.blogspot.com

Sekedar mengingatkan, semangat belajar jangan pernah kendor. Jika merasa kesulitan, diskusikan dengan teman lain yang dirasa lebih menguasai materi tersebut. Selama masih ada waktu, teruslah berusaha. Jangan lupa dengan perjuangan pendahulu kita yang telah berprestasi, sebut saja Thomas Alfa Edison. Berkali-kali dia berusaha menyelesaikan proyek lampu listriknya. Dari satu kegagalan meloncat ke kegagalan yang lain. Tapi dia terus berusaha dan berusaha hingga akhirnya lampu listrik selesai dengan sempurna. Nah, bayangkan saja jika baru gagal beberapa kali dia sudah menyerah, entah apa yang akan terjadi pada penerangan jaman sekarang.

Kisah nyata itu sebagai pengingat kita bersama, jika kegigihan untuk berusaha itu penting. Termasuk ketika kita berada di dalam situasi yang kita anggap sulit untuk kita jalani. Edison telah membuktikan bahwa kegigihan berusaha akan berbuah manis. Gagal itu biasa, yang luar biasa itu saat mampu bangkit dari kegagalan dan melanjutkan usaha menuju kesuksesan.

Saat kita merasa terpuruk, ingatlah bahwa masing-masing dari kita adalah spesial. Masing-masing dari kita memiliki potensi keberhasilan yang sama. Waktu kita semua sama, 24 jam. Yang membedakan adalah usaha. Orang pintar bisa kalah dengan orang rajin. Saya sering mendapati fakta itu. Jadi jangan kuatir, teman. Semua hal masih mungkin kita raih, termasuk lulus Ujian Nasional dengan nilai bagus.

Jika masih merasa belum menguasai materi, teruslah pelajari hingga mengerti. Jika hanya berpasrah diri tanpa mengusahakan terlebih dahulu, peluang untuk meraih keberhasilan tentu akan lebih kecil daripada yang berusaha gigih dalam memahami materi.

Siswa SMA memang masih tergolong remaja, terkadang karena tuntutan untuk mendapat nilai tinggi begitu hebat atau siswa itu sendiri menganggap ujian sebagai beban berat, peilaku curang dapat juga ditempuh. Termasuk mempercayai kunci jawaban yang diperolehnya.

Percayalah pada diri sendiri kalau mampu mengerjakan soal ujian. Jangan terpengaruh oleh bocoran jawaban Ujian Nasional. Itu semua hanya permainan oknum yang ingin mencari keuntungan saja. Relakah jika nilai kita bergantung pada bocoran jawaban nggak jelas itu? Pikir kembali, apakah si pemberi informasi bocoran jawaban itu bersedia menjamin kelulusan kita dengan menorehkan hitam di atas putih jika mengikuti jawaban yang diberikannya? Bagaimanapun hasil usaha kita, tentu akan dapat dibanggakan jika murni kerjaan sendiri daripada hasil berbuat curang.๐Ÿ™‚

Berhubung ada masalah dengan koneksi internet saya, akhirnya tulisan ini baru bisa diposting. Hehehe. Selamat berjuang dalam mengerjakan Ujian Nasional, adik-adikku sekalian. Insya Allah usaha gigih kalian akan berbuah manis. Jangan lupakan doa ya..๐Ÿ™‚

8 Comments

Leave a Comment
  1. Jumiansyah / Apr 19 2011 1:39 pm

    Do’a kan saja biar lulus dengan nilai terbaik, amin..

  2. dhila13 / Apr 19 2011 2:14 pm

    saya berharap semua yang ujian dimulai hari ini lulus dengan kerja keras hasil belajar tanpa menyontek..
    amin..๐Ÿ™‚

    • kimsanada / Apr 20 2011 12:26 pm

      Amin.. Harus itu.. Jangan sampai nyontek jadi budaya. Takutnya kecurangan semacam menyontek ketika kebawa sampai besar malah jadi koruptor tuh.. Jangan sampai deh..

  3. roby / Apr 19 2011 4:57 pm

    5 paket ya tahun ini? wuiw…

  4. andi felani / Apr 19 2011 6:05 pm

    jangan nyontek ya๐Ÿ™‚

    salam,

    • kimsanada / Apr 20 2011 12:29 pm

      Siap pak guru..:mrgreen:

      Salam kenal mas. Makasih udah berkunjung ke blog sederhana ini.๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: