Skip to content
March 23, 2011 / kimsanada

Setting Gmail di Ponsel Java Itu Mudah Kok..

Ada yang sudah mencoba memaksimalkan fungsi electronic mail (e-mail) di ponsel Java terutama Sony Ericsson K530i?:mrgreen:

Buat pengguna ponsel bersistem operasi Java namun ingin bisa terima-kirim e-mail via ponsel langsung, bisa mencoba tips ini. Langkah-langkah yang akan saya beberkan di sini sebenarnya saya dapatkan dari hasil googling, cuma dulu saya lupa untuk menyimpan alamat blognya, alhasil saya menyebut tips ini bersumber dari anonim. Walaupun begitu, kamu yang membaca tulisan ini bisa mendapatkan banyak tulisan serupa kok, jadi ini hanya salah satunya saja, yang terhitung telat posting. Hehe.

gmail-logo (gmail.com)

 

Sebenarnya, tips ini saya tujukan untuk diri sendiri dalam rangka berjaga-jaga kalo suatu saat menemui masalah dengan settingan di ponsel saya. Selain itu, walopun telat posting tapi saya yakin masih ada saja yang belum mengetahui tips ini. Wah, sepertinya saya terlalu sotoy, padahal masih enak soto ayam daripada sotoy.:mrgreen:

Langsung aja ah, silahkan bisa menyimak baik-baik saudara-saudari.🙂

 

Masuklah ke menu message, klik e-mail. Lalu, carilah menu “settings”, bikin akun baru, isilah sesuka kita, misalnya “Pejuang RI”, nah dalam hal ini saya nyontohin pake e-mail: pejuangkemerdekaan1945@gmail.com (bukan e-mail sebenarnya). E-mail itu semata-mata hasil rekayasa belaka, untuk memudahkan tutorial sederhana ini.🙂

Account Name: Pejuang 1945 [isi sesuka kita]

Connect using: [pilih sesuai provider seluler kita]

Email address: pejuangkemerdekaan1945@gmail.com

Connection type: POP3

Incoming server: pop.gmail.com

Username: pejuangkemerdekaan1945

[sesuai nama akun e-mail kita, tanpa menyertakan “@gmail.com”]

Password: ********* [isi sesuai password e-mail kita]

Outgoing server: smtp.gmail.com

Untuk Advance setting:

Your name: Mas ganteng [narsis, teteup..hehe]

Signature: [isilah kata-kata khusus]

Kalo saya sih, kasih aja alamat blog sama twitter saya. (Promosi terselubung):mrgreen:

Download S&R: Bisa pilih Subject only atau Up to size limit. Kalo saya milih yang Subject only, karena saya milah-milah e-mail yang mau saya baca dan saya lewatkan. E-mail yang saya lewatkan biasanya e-mail langganan yang enaknya saya buka lewat PC. Kalo yang di ponsel, biasanya sih e-mail antar pribadi dan butuh respon cepat.

Check interval: Bisa dipilih rentang waktu yang diinginkan buat si ponsel njemput e-mail dari server Gmail. Bisa dinon-aktifkan juga.

Encryption:

  • Incoming server: SSL
  • Outgoing server: SSL

Outgoing username: pejuangkemerdekaan1945 [sesuai nama depan e-mail kita]

Outgoing password: ********* [password e-mail kita]

Incoming port: 995

Outgoing port: 465

Biarpun ponsel saya bersistem operasi Java, tapi saya gak mau kalah dengan ponsel pintar semacam Blackberry yang memang dikhususkan untuk kirim-terima email dengan mudahnya. Saya bersyukur saat tahu ponsel K530i saya ini memiliki fitur e-mail, akan jadi mubadzir kalo gak dimanfaatin. Hehe. Perlu diketahui juga kalo tips di atas dikhususkan untuk ponsel Sony Ericsson yang memiliki kemiripan pengaturan di fitur e-mail. Untuk ponsel pabrikan lain, kalo memang ada kemiripan setting, mungkin bisa ngikuti langkah-langkah tadi.🙂

Dengan mengaktifkan fitur e-mail bawaan dari ponsel, rasanya saya punya ponsel pintar. Bisa antar-jemput e-mail langsung dengan cepat. Plus bisa kirim file lampiran juga lho. Hehe.

Jangan lupa, kalo sering ngirim e-mail lewat ponsel, sering-seringlah menghapus e-mail terkirim, karena itu akan membebaskan sedikit beban memory ponsel kita. Jadi agak entengan dikit deh kinerja ponsel kesayangan kita. Hihihi.

Nah, kalo ternyata fitur e-mail gak disediakan di ponsel Java kita, gak perlu kuatir sob. Kita tetep bisa ngakses e-mail lewat browser bawaan atau aplikasi semacam Opera Mini, Bolt dan kawan-kawannya. Atau, aplikasi buatan Gmail sendiri juga patut dinikmati, informasi lebih lanjut ada di sini.

Jangan lupa juga, pastikan setting GPRS ponsel Java kita sudah disimpan dan dipilih sesuai operator ponsel. Kalo ngamuk gara-gara gagal konek setelah nyoba langkah-langkah di atas, kan gak lucu. Lalu, jangan lupa juga memantau pulsa kita karena pulsa ibarat BBM bagi sebuah sepeda motor. Hehe.

Selamat mencoba.🙂

Pesan sponsor:

Ikuti terus perkembangan teknologi dan jangan sampai kita ikut trend, tapi gak ngerti fungsi fitur ponsel kita. Malu dong, hihi..”🙂

9 Comments

Leave a Comment
  1. vahrur / Mar 24 2011 6:26 am

    wah mantap bro thnx inpohnya bsa d coba nih.. Tp klo ada tutorial to ponsel yg lain sprti samsung bsa mnt tlng dunk krimin ke sni lemontea.dece@gmail.com😀

    • kimsanada / Mar 29 2011 11:55 pm

      Oke broo.. makasih udah berkunjung🙂

  2. giewahyudi / Mar 24 2011 12:38 pm

    Pakai bebe lebih gampang kayaknya..
    Hehheee

    • kimsanada / Mar 29 2011 11:54 pm

      Iya, cuma belum mampu belinya mas.. Heheheee

  3. Mas boi / Mar 30 2011 1:32 pm

    Sony Ericsson emang gampang setting2an hapenya! Dibandingkan nokia:mrgreen: yg bikin saya bingung itu kok tiba2 settingan email yahoo saya enggak bisa lagi ngambil email yah? Padahal sebelomnya saya lancar2 aja. Apa yahoo udah gak support popmail? ..

  4. Yon / Oct 2 2011 8:24 pm

    Makasih infonya, Gan. Now aq dah bs kirim dan tarik email di ponsel. Cuman gak semua akun gmail bs. Aneh.

    • kimsanada / Oct 2 2011 8:51 pm

      Aku baru nyoba satu akun sih. Hehe.
      Karena udah berhasil, jadi selamat ya gan..🙂

  5. Klik asik / Mar 16 2013 11:20 am

    uda coba terus tp slllau gagal.. hapeku nexian….

  6. ponsel terbaru / Mar 16 2013 11:22 am

    makasih gan atas infonya,.. nice tips

Leave a Reply

