Skip to content
December 29, 2010 / kimsanada

Review Final Leg 2 Piala AFF Versi Kim

 

AFF Suzuki Cup 2010 -sumber google.com-

Oke, kita sepakat kalo Malaysia menjadi juara Piala AFF Suzuki 2010.πŸ™‚

Kita juga sepakat kalo suporter kita begitu HEBAT ketika menyemangati timnas kita.πŸ™‚

Lalu, bagaimana kesepakatan kita tentang perjuangan timnas INDONESIA pada kompetisi yang baru saja selesai itu?πŸ˜‰

Menurut saya, ini sebuah opini dari orang awam lho ya, perjuangan timnas Indonesia sangat DAHSYAT.

Nonton di warung penyetan sejak kick-off babak pertama, bikin saya gregetan. Iya, gemes banget. Yah, walopun sempet berpaling dari televisi beberapa menit karena pulang beli makan, namun teriakan saya gak ada habisnya. Saya serasa berada di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Saking gemes gara-gara peluang timnas gagal diselesaikan, suara saya jadi serak lagi. Sejak beberapa hari yang lalu, saya emang batuk hingga menyebabkan suara saya jadi terkesan seksi serak. Haha. Oke, hal itu gak penting untuk diketahui.

Pas dapet kesempatan penalti, sang kapten Firman Utina ternyata gagal memanfaatkannya. Asumsi saya, mungkin dia grogi banget, jadinya power tendangannya sama sekali letoy. Sempet kecewa sih, tapi gak papalah waktu masih banyak.

Menit demi menit berlalu. Gol gak juga tercipta. Skor masih kacamata. Saat peluit tanda berakhirnya babak pertama dibunyikan pun, skor masih sama.

Usai istirahat, laga pun berlanjut. Aksi saling serang pun berlangsung sengit. Beberapa kali sempat terjadi pelanggaran yang berlebihan. Untung pemain kita gak terprovokasi untuk berantem. Salut buat mereka.πŸ™‚

Timnas Indonesia justru kebobolan lebih dulu di babak kedua. Gol yang dilesakkan Safee semakin membuyarkan harapan timnas kita. Skor menjadi 1-0 untuk Malaysia. Aggregate dari leg 1 pun menjadi 4-0. Mengerikan. Sampai beberapa temen saya di Facebook dan Twitter memutuskan untuk tidak menonton pertandingan itu. Beberapa temen saya yang lain malahan mencerca Indonesia.

Ada yang bilang kalo, β€œUntuk pertandingan sepakbola, Indonesia biasa kalah. Kalo korupsi, Indonesia juaranya.”

Ada juga yang bilang lewat sms ke saya, β€œUdah mas, aku sudah berhenti berharap.”

Walah, walah… Gara-gara satu gol itu, udah pada pesimis. Saya jadi geregetan sendiri. Saya tetep bersikukuh pada harapan saya.

Sampe update status di FB sama Twitter, β€œBUKTIKAN GARUDAKU. WAKTU TERSISA MASIH BISA MENANG.”

Saking gemesnya sama status pesimis temen-temen, saya bikin gede deh tuh status.πŸ˜†

Harapan saya terjawab di menit-menit akhir. Pergerakan Nasuha berbuah manis. Tendangannya menghasilkan GOL hingga merubah skor menjadi 1-1. Pada menit akhir pun, semangat GARUDA tidak mengendur. Hasilnya, Ridwan melepaskan tendangan jarak jauhnya langsung ke arah gawang. GOL pun kembali tercipta. 2-0 untuk INDONESIA. Sepenglihatan saya, bola tendangan Ridwan itu sempat mengenai kepala bek Malaysia. Terimakasih deh buat si mas itu, jadi gol kan akhirnya.πŸ˜†

Dari pengamatan saya, Gonzales mengalami tekanan yang ketat dari pertahanan Malaysia. Saya bener-bener gak tega liat pergerakannya gak leluasa. Harapan saya agar dia mencetak gol gak kesampaian.πŸ˜€

Nah, walopun ketinggalan satu gol di pertandingan leg 2, tapi timnas kita mampu berjuang hingga bikin dua gol di menit akhir. Itu artinya, perjuangan mereka sungguh DAHSYAT. Seperti yang saya bilang tadi. Gak mungkin kan kalo gak berjuang dahsyat, bisa bikin 2 gol.πŸ˜‰

Beberapa kali Malaysia juga mendapat peluang bagus. Mungkin karena pemain kita terfokus pada serangan, jadi pertahanan tim terlupakan. Beberapa kali pula, pemain kita kecolongan bola yang berhasil dimanfaatkan lawan untuk membahayakan gawang Markus. Bener-bener senam jantung yang mantap buat saya. Deg-degan abis.πŸ˜†

Hingga peluit tanda akhir pertandingan ditiup wasit, skor 2-1 tetep menghias. Kemenangan pertandingan leg kedua itu menjadi milik timnas INDONESIA. Selamat!!!πŸ™‚

Aggregate gol dari kedua leg Final AFF tetap didominasi Malaysia, dengan skor 4-2. Piala AFF 2010 pun diraih Malaysia. Sedih? Pasti. Tapi, buat saya timnas INDONESIA sudah menunjukkan usaha meraih kemenangan secara mati-matian. Saya bangga akan perjuangan mereka.πŸ™‚

Saya kutip juga sebuah kalimat dari kawan di FB, kalo β€œMenang belum tentu yang terbaik”.

Jika kita maksain menang dan kecewa karena tim kita kalah dalam kompetisi. Maka, itu artinya kita memaksakan kehendak Allah. Bukankah yang penting menerima apapun hasilnya karena udah berusaha mati-matian? Daripada pasrah dengan keadaan tanpa usaha yang berarti.πŸ™‚

Turnamen AFF 2010 sudah berakhir. Dengan menempati Runner Up, timnas kita bisa lebih berbenah diri. Iya, mereka dapat menjadikan pencapaian di turnamen kali ini sebagai koreksi di turnamen mendatang yang tentunya lebih kompetitif, tentu saja.πŸ™‚

Waktu bergerak ke depan, berbagai potensi pun perlu untuk diwadahi dengan baik biar menghasilkan prestasi bagus.

Jangan ada lagi pihak-pihak tertentu yang memanfa’atkan timnas untuk keuntungan mereka semata.

Timnas Indonesia tugasnya khusus bermain bola, bukan yang lain.πŸ™‚

Gak lupa, saya ucapin terimakasih untuk sang pelatih Mister Riedl.

Keberadaan anda membawa suasana baru di timnas Indonesia, Pak.πŸ™‚

Plus ucapan makasih buat seluruh jajaran tim yang udah mendukung timnas hingga mendapatkan pencapaian seperti ini.πŸ™‚

Yang lebih dan lebih adalah untuk SUPORTER TIM MERAH-PUTIH yang udah merelakan waktu, uang dan tenaga untuk nonton secara langsung maupun nonton bareng.πŸ™‚

Berkibarlah terus MERAH PUTIH!

Berjuanglah selalu GARUDAKU!

Salam olahraga! Hihihi

πŸ˜‰

6 Comments

Leave a Comment
  1. andry sianipar / Jan 2 2011 9:26 pm

    Biarkan ini menjadi pelajaran berharga bagi bangsa kita. jangn terlalu lama larut dalam kesedihan. kita hrus segera bangkit dan menciptakan prestasi-prestasi yang lainnya..

    • kimsanada / Jan 3 2011 3:48 pm

      yohoi.. musti semangat terus buat mereka..πŸ˜€

  2. ohdediku / Jan 3 2011 2:41 pm

    Untung Indonesia kalah,……..
    kalau menang kan semakin “gemedhe” tuh NHπŸ˜€

    • kimsanada / Jan 3 2011 3:50 pm

      iya tuh.. semoga kekalahan timnas Indonesia menjadi jalan tercepat runtuhnya orde NH.πŸ˜†

      • yudi / Jan 31 2011 8:25 pm

        kalian mank g’ da otak na malah doa i pula itu, kalian kira enak jd pmain bola tu………………………….

        • kimsanada / Feb 1 2011 3:59 pm

          Enak gaknya tergantung yang ngejalanin bro..
          Asalkan itu khalal kenapa enggak dikerjain..πŸ™‚

Leave a Reply

