Skip to content
March 18, 2010 / kimsanada

Opera Mini 5 Final dan Trik Copy-Paste

Setelah lama ditunggu, akhirnya versi final dari opera mini 5 sudah bisa saya nikmati. Kestabilan opera mini saya akui lebih mantab daripada browser sejenis, karena hal tersebut saya jadi jatuh hati dan setia memakai produk opera mini.:mrgreen:

Pernah mencoba opera mini versi beta yang ternyata tidak membuat nyaman. Aplikasi sering nutup sendiri lalu submit form yang sering gak merespon, alhasil aktifitas browsing saya sangat terganggu. Saya pun memilih kembali menggunakan opera mini 4.2.πŸ™‚

Entah kenapa, kemarin saya tiba-tiba mutusin untuk mengunjungi situs mobile-nya opera. Langsung bahagia begitu tahu opera mini 5 sudah muncul versi finalnya. Giliran mencoba nih, pikirku.:mrgreen:

Dengan koneksi im3 yang kemarin sempat kurang lancar, saya berhasil nanem opera mini 5 final di SE K530i saya dengan hasil instalan sebesar 717KB.πŸ˜†

Namun, langkah instalasi opera terbaru itu harus membuat saya menyingkirkan opera mini 4.2.😦

Tidak apalah jika 4.2 harus hilang tertumpuk, yang penting sekarang udah dapet 5 final, pasti lebih baik daripada versi 5 beta-nya.

Nah, dari sepengalaman make opera mini 5 final, fakta yang saya dapati adalah..

  • Ada logo TELKOMSEL pada halaman booting. Lebih berasa INDONESIA-nya.πŸ™‚
  • Tampilan yang begitu elegan, sedikit menaikkan pamor hape java sayalah.πŸ˜†
  • Ada 9 speed dial-nya. Bisa diedit dengan memencet angka 1, tapi entah kenapa saya nyoba ngedit speed dial situs http://www.kaskus.us menjadi m.kaskus.us belum juga berhasil sampai saat ini. Apa ini bug?πŸ˜†
  • Berfitur new tab. Berasa ngenet di opera desktop.:mrgreen: Buat yang tidak bisa ngontrol keinginan buka tab baru, bisa berdampak pulsa cepat habis.πŸ˜†
  • Halaman hasil simpanan opera mini 4 tidak bisa ditampilkan. Saya kecewa dengan hal ini.😦
  • Bisa ngelakuin copy-paste. Mayanlah kalo ada info penting yang misalnya harus segera dikirim lewat sms, fitur ini sangat berjasa.:mrgreen:

Caranya:

  1. Pencet angka 1, lalu pilih “Select Text
  2. Arahkan kursor ke awal tulisan yang ingin dikopi. Lalu, klik “Start“, arahkan hingga batasan mana tulisan tersebut akan dikopi.Kalau sudah, klik “Use“, lalu “Copy“.
  3. Buka tab baru dengan cara klik tombol * (bintang) dan arah atas secara berurutan. Lalu tempelkan hasil kopian tadi ke kotak isian alamat web yang letaknya di pojok kiri atas. Caranya, arahkan kursor ke kotak tersebut, lalu pencet “Edit“. Hapus tulisan www., lalu klik “Options“, pilih “paste“. Eng… Ing… Eng… Hasil kopian sudah muncul di kotak isian alamat web!!!πŸ˜‰
  4. Berikutnya, klik “options” lagi, pilih “Fullscreen Edit“. Gunakan fiturΒ copy-paste hape untuk memindahkan tulisan dari opera mini 5 ke menu SMS hape kita.πŸ™‚

Syarat minimal memakai trik ini adalah hape java berfitur copy-paste.πŸ™‚

Trik ini saya dapat dari kawan saya, Fareh. Makasih banyak Β atas pencerahannya bro..πŸ™‚

Trik di atas saya susun dengan segala keterbatasan yang saya miliki, jika ada yang bisa mempersingkatnya bisa di-share di sini.πŸ™‚

Maaf juga sekali lagi dengan keterbatasan saya, screenshoot dari trik itu tidak bisa ditampilkan di sini. Semoga yang baru memakai opera mini pun sudah bisa langsung paham. Amin…πŸ™‚

Fakta tambahan,

Submit form sudah merespon baik. Mantablah…πŸ˜€ Tapi ketika nyambung ke facebook, seringnya tulisan yang saya ketik jadi ilang. Apa ini bug khusus di facebook mobile? Agak gemes juga jadinya, harus sedikit repot copy-paste tulisan buat jaga-jaga kalau ilang lagi. ckckckck

Sudah dulu ah postingan ini, saya mau sarapan bubur dulu.:mrgreen:

download opera mini 5 final: di sini.

42 Comments

Leave a Comment
  1. Fareh / Mar 18 2010 8:14 pm

    Utk copas bs di paste di kolom update status nda (jk sdg bk pesbuk) jd gak perlu delet wwwπŸ˜€ kalo yg di copas bnyk bgt, stelah paste jgn langsung di buka hasilnya atau opera akan otomatis ngeclose (tested di Nokiem N70 kesayang qu) jd hrs didiamkan skitar 1 menit dl baru blh dibuka hasil paste nya.
    Utk kaskus itu emang bug, gak bs di edit ke versi mobile. Kcuali buka versi fullsite dl, lalu edit Link ke versi mobile.
    Kadang saat update status atau komen sering gak muncul, itu jg bug. Mungkin karena server opera 5 msh blm bekerja dg baik.
    Skrg ane dah make opera 5 yg handler, bs di setting free internet utk XL, TELKOMSEL, AXIS, THREE. Syg utk indosat blm bisa. Oya, ane bangga sama TELKOMSEL krn bs jd seponsor OPERAπŸ˜€

    • kimsanada / Mar 18 2010 8:22 pm

      oke master.. makasih udah menambahkan.. emang sengaja gak nyebut apdetan status pesbuk, siapa tau ada yang belum punya akun pesbuk.:mrgreen:
      makanya, lebih berasa INDONESIA-nya…πŸ˜€

  2. Fareh / Mar 18 2010 9:00 pm

    Tengkyu nda wes ngedit posting qu sing slh ketikπŸ˜€ owh iyo, utk tehnik copas, opera hrs di setting dl, caranya: settings > advanced > fullscreen edit > ON. Satu bug lagi, saat kita buka situs pasti akan muncul cursor panah kan? Nah kalo kita lg mmbuka situs kmudian kita masuk ke Start Page menggunakan shortcuts # 4 , efeknya cursor itu gak hilang dan justru susah digerakan. Cara mengatasinya yaitu dg menekan Menu, dan cursor itu pun akan hilangπŸ˜€

    • kimsanada / Mar 18 2010 10:28 pm

      sip nda.. ternyata sadar kalo sempet salah ketik…:mrgreen:
      tenkyu tambahane nda.. ntar tak cobane..πŸ™‚

  3. Spirit 89 blog / Mar 19 2010 7:03 pm

    Kalau saya masih pakai opmin 4.2 yang handler,, lumayan kan gratis gprsnya brooπŸ™‚
    Sukses selalu kawannn

  4. aguung / Mar 20 2010 2:32 pm

    kalo copypaste yang di opera 4 juga bisa kok, asal hp nya bisa aja :))
    di support sama telkomsel ya, jadi indonesia bangetπŸ™‚

    • kimsanada / Mar 20 2010 7:08 pm

      masak bisa gan? sepengalamanku di opera mini 4 blum ada fitur co-pasnya..
      iya nih, bangga dung..πŸ™‚

  5. dulqodir / Mar 20 2010 3:24 pm

    Wah… Nice inpo, Salam kenalπŸ™‚

    • kimsanada / Mar 20 2010 7:09 pm

      sip gan.. makasih udah mampir.πŸ™‚
      salam kenal juga.πŸ™‚

  6. fareh / Mar 21 2010 1:01 pm

    Opera 4 gak ada fitur copas. mungkin yg dimaksud adalah fitur copas HP nya.
    Fitur copas yg ada di opera 5 maksudnya meng-copy text dari halaman situs yg sdg kita akses melalui opera 5πŸ˜€

  7. septarius / Mar 22 2010 3:20 pm


    Jd save page yg versi 4 langsung hilang ya, ketimpa.?
    ..

    • kimsanada / Mar 22 2010 5:46 pm

      Gak bro.. Yang ketimpa dan hilang itu opera mini 4-nya..

  8. irawan / Mar 25 2010 3:56 pm

    Klo gtu beta donlot yg final aja deh….masak beta donlot yg beta jg…ha..ha…ha..πŸ˜€

  9. fareh / Mar 26 2010 12:37 pm

    Tp ane msh setia ama opera 4.2 , soalnya opera 5.0 kadang eror waktu posting. Yg hp symbian cb pk opsis 10 aja, ini adl opera symbian. Fiturnya sama seperti opera 5.0 java. Bahkan di opsis bisa ngliat emote yg bs bergerak, jd ky browsing pk browser PC. Tp opsis gak ada versi handler nya. Kalo mau gretong hrs pk ip n port saktiπŸ˜€

    • kimsanada / Mar 26 2010 12:59 pm

      iyo ki nda… ternyata walopun udah final, tapi tetep aje banyak bug-nya…
      T.T

  10. Andy MSE / Mar 28 2010 8:11 am

    di hape winmo yg saya pakai, tombol qwerty macet di “w” dan “x”… (doh)

    • kimsanada / Mar 28 2010 9:15 am

      wah.. parah banget bang… :lebay mode on:πŸ˜€

  11. Tantra / Apr 1 2010 1:35 am

    bos,stlah d paste ko mnculny tulisn’www’lg.pdhl tlsn www ny dh d hpus.trz edit fullscreenny ssudh copy-paste atw sblumnya,thanks

    • kimsanada / Apr 1 2010 3:18 pm

      coba dihapus pelan2..
      Trus dipaste.
      Lalu diedit fullscreen, barulah bisa dicopy-paste keluar operamini.
      Selamat mencoba bos..πŸ™‚

  12. maskaji / May 11 2010 4:08 pm

    Salam kenal.

    Trim atas infonya,akan segera saya coba.
    Bos mau tanya,HP merek apa ya yang bisa ms word dan bisa langsong ngeprint ke printer pakai bluetooth?

    Trim

    • kimsanada / May 17 2010 3:47 pm

      wah.. kurang begitu tau saya tentang info itu mas.. maaf ya..πŸ™‚
      kalau yang bisa ms word sih menurut saya tipe windows mobile…πŸ™‚

  13. az147r / May 13 2010 9:11 am

    saya pakai SE j105i (naite) opera mini 5 bisa berdampingan dengan opmin 4. tapi yg saya tidak suka kita kita diblog wordpress ketik komen lewat opmin 5, selalu saja tidak keluar. ntah mengapa selalu begitu, sudah saya coba ngan mengnonaktifkan fitur editing, tetap saja tidak bisa, akhirnya selalu buka app opmin 4.2 buat koment di blog. agak sedikit terganggulah pastinya

  14. ameerhean / Jun 3 2010 11:32 am

    Mohon pencerahannya bos,,saya pke hp se m600i dh coba berkali-kali copas di opera mini 5 final tapi gak keluar,,yang keluar malah hasil copas opmod 4.2, mohon petunjuknya step by step bos,,terima kasih sebelumnya..

    • kimsanada / Jun 3 2010 3:50 pm

      coba instal ulang opera mini 5 di hapemu.. harusnya lewat langkah2 yang saya bikin di artikel juga bisa bro..πŸ™‚

  15. ameerhean / Jun 4 2010 3:02 pm

    Thanks pencerahannya bro, nnti saya coba install ulang lagi,,btw punya info trik intetnet gratisan di opera mini 5 handler ga bro,,gwe dh install cuman belum tau settingannya,,gwe pke kartu telkomsel,,kalau punya kirim k email gwe ya bro,,thanks alot

  16. dee / Jul 11 2010 3:58 pm

    cara tampilin save page dari operamini 4.2 di opera mini 5 gimana ???
    save page yang udah banyak itu, jadi gak bisa dibuka sekarang…

    kan sayang ada informasi penting yang gak bisa dibuka lagi..

    • kimsanada / Jul 12 2010 10:18 am

      Nah, dari info yang saya peroleh.. Halaman simpanan dari opera 4.2 gak bisa dibuka di opera 5. Sangat disayangkan memang..

  17. hinata_ayu / Oct 1 2010 12:49 pm

    klo pake opera mobile bisa langsung copy paste dr halaman web ke sms, ato sbaliknya, ga perlu pake cara ribet kyk yg versi java. tp sayang opera mobile lambat bngt n lbh boros pulsa.
    kok ga ada browser yg sempurna ya?????

    • kimsanada / Oct 1 2010 2:46 pm

      Kan biar pada melengkapi.. Pada laku..:mrgreen:

  18. jessikr1st / Jun 22 2011 9:08 am

    copasnya mantap mas bro, lancar di e71

    • kimsanada / Aug 7 2011 7:56 am

      Sip bro.. Syukur kalo begitu..πŸ™‚

  19. Agrey p.bun / Aug 6 2011 5:24 am

    Opera mini 4.2 ku nda bsa copas ne masbro. .aku pakai hp 5800 gmana dund cra na mOhOn bantuan na masbro uhuk. .uhukk. .binun cra copas pakai hp 5800. .
    Tq. .

    • kimsanada / Aug 7 2011 7:58 am

      Opera mini 4.2 belum ada fitur co-pasnya bro..
      Saranku download opera mini 5 aja..πŸ™‚

  20. YaNDIRA cNB / May 19 2012 3:59 pm

    nice post mas, hidup bloger mobile, salam kenal teman teman di sini dari newbier bali. dinanti kunbalnya

    • kimsanada / May 24 2012 7:20 pm

      Langsung ke blog ente gan..πŸ™‚

  21. Ahmad Sidiq / Jul 3 2012 3:16 pm

    Wah makasih Mas atas tutorialnya, soalnya baru coba pake opmin 5. Nyari fitur copas tak nemu2πŸ˜‰. Sekarang jadi mudah ngedit data lewat hp…

  22. heeshinju / Dec 31 2012 8:59 am

    maaf, kalau caranya mindahin save page yg disimpan di hp ke PC gimana ya?
    kalau online pakai PC dan nemu web bagus kan tinggal klik save page dan laman webnya langsung ada di folder download. nah, kalau dr hp (hp saya android) di opera mininya juga ada fitur save page tapi laman web yg telah ter-safe itu entah tersimpan di folder mana.
    Kalau tahu caranya mohon di-share, makasihπŸ™‚

Leave a Reply

