Skip to content
March 7, 2010 / kimsanada

Budayakan Ngemil Sehat…

Ngemil… Siapa sih yang gak suka aktifitas satu ini??? Ayo acungin jari kaki…:mrgreen:

Itu kegiatan yang pas ketika kita lagi belajar atau lagi nonton… Betul… Betul.. Betul…?๐Ÿ˜€

Saya sebagai anak kost (anak rantau)๐Ÿ˜Ž, sangat merasa bahwa ngemil itu penting. Pas lagi kumat hobi baca buku, atau pas ngeblog gini, atau pas pengen begadang main game dan atau-atau yang lain, ngemil itu dibutuhkan. Sangat disayangkan jika dilewatkan… Jangan sampai deh, kita merana karena tiada cemilan yang masuk ke lambung… Terlebih, saya menghimbau buat rekan-rekan yang punya sakit maag, ngemillah segera sebelum anda merasakan perut anda kesakitan…๐Ÿ™‚

Akhir-akhir ini ketika aktifitas menuntut saya untuk memanfaatkan malam hari, saya mau tidak mau harus menyediakan cemilan. Kemudian tercetuslah ide untuk ngebeli jajan gorengan dari warung kucingan favorit saya. Ide itu muncul gara-gara ngeliat temen sekosan yang hobi banget ngemil gorengan di malam hari.:mrgreen:

Nikmatnya gorengan begitu menggelora di tenggorokan… Penuh minyak deh pokoknya… Saya mesti ribet nyari tisu atau serbet atau kain apalah yang bisa buat bersihin tangan dari noda-noda minyak… Sangat tidak disarankan buat melestarikan ngemil makanan semacam ini.. Dikhawatirkan wajah penuh minyak dan jerawat pada nongol terus… Jadilah kita juragan minyak plus jerawat.๐Ÿ˜†

Lalu, menyiasati kegundahan akan masa depan saya itu, saya mencoba membeli ROTI! Aha…๐Ÿ˜€ Berdasarkan hasil search di mbah google, saya mendapatkan referensi yang menyenangkan hati..:mrgreen:

sumber gambar di sini

Roti yang dahulunya jadi santapan bule sama pale, sekarang jadi makanan pokok kedua setelah nasi. Bahkan, roti termasuk produk yang paling populer di jagat raya. Buat yang pengen mengklarifikasi pernyataan itu, silahkan berkeliling dunia dan bertanya pada tiap orang.:mrgreen:

Eh, sebentar… Sebentar… Maksud saya bukan pernyataan tadi yang telah menyenangkan hati saya. Namun, pernyataan bahwa kandungan roti lebih dahsyat daripada nasi dan mie.๐Ÿ˜ฎ Untuk lebih detilnya bisa dibaca di sini. Dengan makan roti, tampaknya jalan saya masih lurus…๐Ÿ˜€

Kemudian saya jalan-jalan lagi di google, nemu situs ini, dari situ saya ngedapetin beberapa jenis cemilan yang sehat lho.. Silahkan dicek satu-satu…๐Ÿ˜€

Agar-agar

Selain gampang dibuatnya, agar-agar mengandung kalori yang sedikit dan mampu menahan lapar cukup lama. Pilih deh, agar-agar polos yang hanya mengandung 10 kalori saja. Kalau suka agar-agar dengan buah atau gula di dalamnya, tingkat kalorinya juga masih rendah kok, hanya sekitar 70-80 kalori saja.

[komen saya: hmmm… langsung santap… yummy…]

Pisang

Buah favorit monyet ini ternyata bisa jadi cemilan yang oke banget, lho! Rasanya yang manis, harganya murah, dan nggak tergantung musim. Pisang juga bergizi tinggi. Nggak hanya kaya vitamin B6, vitamin C, pisang juga kaya akan serat yang bagus buat pencernaan kita. Sebuah pisang juga mengandung kurang lebih 460 miligram kalium, yang bagus untuk jantung kita. Biar nggak bosan, kita bisa membuat smoothies atau mencampurkan pisang ke dalam sereal kita saat sarapan

[komen saya: kebanyakan makan pisang membuat saya berhalusinasi melihat monyet ketika berkaca]

Popcorn

Selain jadi teman yang oke saat menonton film, ternyata popcorn juga termasuk cemilan yang sehat, lho. Satu boks popcorn yang besar hanya mengandung 93 kalori dan 1,5 gram lemak. Selain itu, popcorn juga mengandung zat antioksidan penting, vitamin B, vitamin E, magnesium dan serat. Sehat banget, kan? Eiitssโ€ฆ tapi, jangan terlalu banyak menambahkan mentega cair atau pun karamel di atasnya yah, itu sih sama juga bohong!

[komen saya: kalo ditambahi nasi sama sate kambing jadi lebih berasa bohongnya]

Yogurt

Ini dia cemilan sehat yang sedang hip saat ini. Rasanya yang asam segar, dipadu dengan aneka jenis topping, membuat kita ketagihan mengonsumsinya. Nggak usah khawatir, karena yogurt biasanya low calories dan mengandung banyak protein, kalsium, kalium dan juga probiotik. Zat probiotik ini nggak hanya bisa meningkatkan kekebalan tubuh, tapi juga bagus untuk sistem pencernaan kita. Kita bisa memeriksa apakah yogurt itu mengandung probiotik atau nggak dengan melihat adanya label โ€œactive culturesโ€ atau โ€œlive culturesโ€ di kemasannya.

[komen saya: yang lebih penting bukan hasil ngutil]

Begitulah secercah harapan yang saya tebarkan demi terselenggaranya kehidupan manusia yang sehat.

Mari Budayakan Ngemil Sehat!!!๐Ÿ™‚

Oiya…. Sampai lupa nih.. Mau ngabisin susu dulu ah… Biar cepet endud…:mrgreen:

17 Comments

Leave a Comment
  1. ipin / Mar 7 2010 9:03 pm

    Pertamax diamankan… :army:

    kalo bisa artikelnya taruh disini, jgn cuma kasih link doank..

    • kimsanada / Mar 7 2010 9:20 pm

      wah.. pake pertamax ya gan.. gak yang premium?? :p

      kapan2 kalo gak kebanyakan, artikelnya ditaruh disini gan.. thanks buat masukannya..๐Ÿ™‚

  2. lembayung / Mar 7 2010 9:20 pm

    tempe mendoan trus di temani sego kucing …bagus juga tuh kyke bwt teman di kala ngenet or baca buku…
    jus sayuran bagus juga tuh kyke…..pisang ….bagus kaya potassium jg….kaya serat jg…..

    • kimsanada / Mar 7 2010 9:37 pm

      sippp bang… tancap segeraaa… habiskan semuaaaa…๐Ÿ˜†

  3. cumi / Mar 7 2010 10:16 pm

    Buat ane cemilan sehat itu ya cemilan yg gratis, karena itu sangat sehat buat dompet qu,,๐Ÿ˜€
    kalo ada temen yg bawa cemilan langsung sikaaatt..

    • kridagoen / Mar 8 2010 8:17 am

      bener banged kata juragan yang satu ini….:D

  4. kridagoen / Mar 8 2010 8:16 am

    ane banged tu gan…..
    wkwkwkwkaaaaa…….
    Maju Terus Ngemil Sehat…..
    tp kyake kq aneh…aneh… wae….

    • kimsanada / Mar 8 2010 8:51 am

      hahahahha… gak papa gan… yang penting body sehat wal afiat… aneh enggaknya cuman masalah kebiasaan… :p

  5. Red / Mar 10 2010 3:14 am

    gue selalu ngemil muesli. produk yang paling enak namanya carman. cari aza di ranchmarket, bayak kok. enak dan menyehatkan๐Ÿ™‚

    • kimsanada / Mar 10 2010 9:25 am

      Wah, sayangnya di sini gak ada yang namanya ranchmarket.. :mrgreen:

  6. kikakirana / Mar 11 2010 1:29 pm

    walah,,, QK pilih agar” aja dech om…๐Ÿ˜€

    yogurt gag doyan,, hmm pop corn paling oke kek nya hehe…
    pisang takutnya tar QK jadi ngoceh terus kagak bisa berenti๐Ÿ˜›

    HIDUP!!! ^_^

    • kimsanada / Mar 11 2010 6:10 pm

      Hidup agar* rasa pop corn..:mrgreen:

      Eh, tapi saya bukan om-mu. >.<

      • kikakirana / Mar 22 2010 7:09 am

        wwkkwkw,,, lha maunya dipanggil apa om…
        tante kah? hehehe….๐Ÿ˜› bercanda om… upzz… om lagi wkkwkw

  7. kimsanada / Mar 22 2010 12:09 pm

    @kika: lebih enak manggil mbah sajo..๐Ÿ˜‰

  8. iptek / Dec 22 2010 6:05 pm

    hidup sehat nantinya juga kita yang untuk..
    terutama di hari tua
    from >> http://blog.umy.ac.id/mahrus <<

Leave a Reply

