Skip to content
February 14, 2010 / kimsanada

Misteri Fn F7

Tadi pas aku buka-buka file di laptop kesayanganku, iseng-iseng aja sih sebenernya… tapi ternyata malah dapet barang bagus. hehe. Sebuah kisah yang sempat membuatku frustrasi sejenak..๐Ÿ˜€

Ini kisah pernah ku terbitin di note akun pesbukku. Nah, terpikir olehku untuk share sama temen-temen blog nih… biar pada nilai, ini kisah pantesnya dapet nilai apa, A, B, C, atau Z?!๐Ÿ˜€

Ada sedikit editan di sana-sini biar lebih enak dibaca… Bersiaplah membaca kawannnn…๐Ÿ˜€

Here it is…

Kamis (8 Oktober 09) begitu memberikan sesuatu yang ‘indah’ buatku. Siang yang terik Aku bareng Totok berangkat ke sebuah tempat untuk menjalankan misi penting. Bertolak dari adanya sesuatu yang salah dari laptopku, saat itu aku harus mencari tempat servis untuk laptopku. Matahari yang panas menyengat kulit tubuhku. Kesimpulan yang kudapat, kelamaan di outdoor seperti itu bisa-bisa bikin aku jadi pesaing gurita…๐Ÿ˜€

Eniwei, maksud dari hal yang salah di laptopku tadi adalah touchpadnya kagak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Hal itu aku rasain sejak berada di bulan Ramadhan (sebulan sebelum tanggal 8 Okt 09). Saat itu serangan virus yang begitu ganas sedang menginvasi laptopku. Dua kali proses instal ulang sudah dijalani si laptop, namun keadaannya masih tetap buruk. Kemudian tiba-tiba saja si touchpadnya ngadat. Lengkaplah sudah penderitaannya, jikalau bisa ngungkapin isi hati, si laptop mungkin sudah menangis histeris, meratapi nasibnya (dramatis mode: ON).:mrgreen:

Apa yang seharusnya bisa dirasakan laptopku itu berdampak padaku. Pernah aku mencoba menggunakan fitur wifi di area hotspot kampusku, tapi yang terjadi adalah aku sangat kesulitan ketika menjelajah dunia maya. Coz what? Tanpa touchpad, kenikmatan bersurfing menjadi sangat terganggu. Then, ibarat mengibarkan bendera putih, aku memilih untuk mematikan laptopku daripada menjadi gila gara-gara frustrasi gak bisa nyaman menikmati hotspotan. Efek lain yang muncul adalah sirnanya hobi ngutak-atik isi laptop, walopun itu hanya sekedar mainin musik via winamp.

Setelah sekitar lima belas menitan kita (Aku dan Totok) mengarungi panasnya kota Semarang, akhirnya sampe juga di tempat yang dituju. Sebut saja tempat itu adalah “Bunga Service Center” (nama samaran). Dengan penuh wibawa yang dibawa-bawa, aku dan totok masuk ke tempat itu. Pemandangan yang kita lihat didominasi oleh Laptop dan kawan-kawan (baca: aksesorisnya). Lalu, ada Mbak yang nyuruh biar kita langsung ke lante 2 yang merupakan tempat servisnya setelah tahu tujuan kita datang ke situ. Secepat kilat kita bergerak menuju ke TKP. Pas udah nyampe lante 2, ada Mbak Costumer Service yang nyapa kita.

Mbak CS (MCS) : “Ada yang bisa dibantu mas?” (Si Mbak melontar senyum, untung gak berat, jadi aku masih sanggup menerimanya…)

Aku (A) : “Ini Mbak, itu lho… Ehm… itu… apa namanya?” (sembari muter-muterin telunjukku. Entah kenapa aku mengalami amnesia mendadak).

MCS : “Ow… touchpad…?!”

A : “Iya… touchpad mbak!!!” (tersenyum senang karena terbantu).

MCS : “Kenapa touchpadnya?”

A : “Gak bisa berfungsi mbak…”

MCS : “Gak bisa berfungsi bagaimana?”

A : “Ya gak bisa digunain kayak biasanya… Diem aja gitu mbak.”

MCS : “Owh… sudah nyoba Fn F7, Mas?”

A : (Bengong karena gak denger kata-kata Fn F7). “Belum mbak…” (Jawaban ngasal keluar).

MCS : “Yaudah, coba dinyalain dulu mas…”

A : (Dengan penuh kasih sayang *baca: hati-hati*, Aku keluarin laptop dari tasnya).

Tak lama proses booting selesai. Laptop aku serahin ke Mbaknya. Lalu kulihat dia mencoba membuktikan ucapanku tadi tentang kelakuan touchpad yang diem aja.

MCS : “Dicoba Fn F7 ya mas…” (Dia mencet kombinasi dua tombol keypad laptop itu).

A : “Iya…”

MCS : “Ini bisa mas!” (Menunjukkan layar laptop padaku dengan wajah penuh kemenangan).

A : “Hah?!” (Kaget… Mencoba mencerna omongan si Mbak).

Dengan pandangan serius aku tatap lekat-lekat layar laptopku. Kuperhatikan kursor di layar yang bergerak ke sana kemari. Bukan maksud si Mbak buat mainin mataku tapi itu suatu bentuk pembuktian bahwa si touchpad masih ‘waras’. Langsung saja aku ketawa.

Totok : “Makanya buku panduannya dibaca…” (Ni orang nyindir aku…)

A : “Kutinggal di rumah og…” (Ngeles…).

Apa yang terjadi membuatku bener-bener berasa menjadi orang awam-yang-gak-tau-apa-apa. Bila ada cermin, mungkin Aku bisa melihat seperti apakah warna mukaku saat itu. Sempet heboh karena ngadatnya touchpad membuatku merasa hina. Ternyata yang sebenarnya terjadi adalah keteledoranku mencet tombol Fn F7 secara bersamaan secara tidak sadar. Bukan berarti aku ngelindur terus maenan laptop, tapi menurut analisisku saat itu aku sedang gelap mata melakukan hal itu. Hobi iseng makan tuan. Sungguh nista… Hina… Aku merasa berdosa telah menyakiti si laptop… Maafkanlah aku wahai kawanku…ย  Setidaknya usai kejadian itu Aku telah mengikrarkan diri untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan sesuatu karena keteledoran bisa terjadi di mana saja… kapan saja… Maka waspadalah! Waspadalah! (Bang Napi mode: ON).

NB: “Tombol Fn F7 di ACER Aspire 4730z berfungsi untuk menonaktifkan fungsi touchpad dari penggunaan yang tidak berhak”.

๐Ÿ™‚

7 Comments

Leave a Comment
  1. Tomi / Feb 16 2010 4:36 pm

    Hihi.. Bener kata totok bro.. Baca buku panduannya hehe..
    Btw soundrisenya dah didengerin.. Mantabss ouys dari lirik dan music.. cm intro dan endingnya, melodinya kurang nyambung menurutku broo hehe…

    • kimsanada / Feb 16 2010 5:01 pm

      iye sih…๐Ÿ˜€

      oke brow.. thanks a lot udah dengerin dan kritikannya..๐Ÿ™‚

  2. masiqbal / Feb 16 2010 10:48 pm

    (ngakak guling-guling) oalah… sepele tapi bikin frustasi ya mas… :p

    • kimsanada / Feb 16 2010 11:23 pm

      iya ni mas… ditambahi malu juga sih gara2 gaptek..๐Ÿ˜€

  3. Surya Triwijaya / Feb 20 2010 2:23 pm

    Hahahaha.. cerita yang bagus..
    BTW mbak2 CS nya cakep ya mas??
    Ampe amnesia mendadak gitu ??๐Ÿ˜›
    (OOT mode : on)

    • kimsanada / Feb 20 2010 3:15 pm

      hahahaha… kayaknya sih begitu…:mrgreen:

  4. ardhie / Oct 18 2012 11:07 am

    terima kasih banyak..saya juga punya permaslahan sama..thanxs banyak atas tulisannya..

Leave a Reply

