Skip to content
January 25, 2010 / kimsanada

Dendang Skimmer dan Kamera CCTV

Setiap nonton berita, akhir-akhir ini selalu muncul kabar tentang pembobolan uang lewat mesin ATM. Jumlah uang yang tidak sedikit telah berpindah tangan dengan begitu mudahnya tanpa diketahui si pemilik uang.
Mesin ATM yang menjadi perantara nasabah untuk mengambil tabungannya ternyata dimanfaatkan pihak yang tidak bertanggungjawab.

ATM ber-skimmer

Adalah skimmer sebuah alat pembaca data kartu ATM. Ketika data di ATM asli sudah terbaca, maka mudahlah untuk membuat salinan ATM-nya. Namun, begitu saja belum cukup.. Sindikat pembobol ATM itu juga memanfaatkan kamera CCTV untuk menyempurnakan aktifitas mereka. Kamera itu diletakkan menghadap ke arah tombol ATM. Dengan begitu si penjahat akan tahu berapa PIN si nasabah. Dan kamera tersebut disembunyikan sedemikian rupa, sehingga tidak akan membuat user ATM curiga. Sungguh mantab, pikirku..
Bukan karena aku mendukung aktifitas para mafia ATM itu, tetapi kreatifitas merekalah yang membuatku kagum..

CCTV ngintip PIN nih…

Aku pikir, orang-orang Indonesia itu cerdas dan kreatif. Dengan hal-hal terbatas yang dipunyai, maka bisa menciptakan suatu hal yang menguntungkan. Kalo kasus pembobolan ATM itu memang di satu sisi menguntungkan (buat si penjahat), tetapi merugikan nasabah bank pengguna ATM yang notabene adalah pihak protagonis. Mereka dengan jujur menggunakan uang hasil tabungan untuk kepentingan mereka sendiri. Berbeda dengan pihak mafia yang berposisi sebagai lakon antagonis.

Nah, aku jadi berpikir, kenapa kemampuan “Luar Biasa” yang dimiliki tidak ditujukan untuk hal-hal positif saja?๐Ÿ™‚
Seperti misalnya, membantu polisi membongkar kemana uang negara yang ditilep para koruptor. Gandain ATM para koruptor, intip nomor PIN mereka, sikat tabungan mereka yang notabene milik masyarakat untuk dikembalikan pada negara.๐Ÿ™‚

Waduh, ngelantur kemana-mana deh.. Hahaha
Sebagai penutup artikel ini, sebagai warga negara yang baik, juga nasabah bank serta pengguna ATM yang baik pula, lindungilah privasi kita itu dengan seksama dan teliti. Gantilah nomor PIN kita serutin mungkin, atau jika kita tergolong pelupa, tutupi tombol ATM ketika kita hendak memencet PIN sebagaimana kita menutupi kertas ulangan kita agar tidak dicontek teman.๐Ÿ˜€

Jangan sampai orang merugikan kita dengan memanfaatkan privasi kita
๐Ÿ™‚

Sumber:
http://samudro.wordpress.com

16 Comments

Leave a Comment
  1. masiqbal / Jan 25 2010 4:00 pm

    biasanya sih saya nambah skimmer buat campuran kopi…๐Ÿ˜€

    • kimsanada / Jan 25 2010 5:17 pm

      Hahahaha.. itu ma krimer mas..๐Ÿ˜€

      Aku pernah malah nyampur krimer banyak banget gara2 kopi bikinanku trlalu kental (puait).. Hahaha

  2. tomi / Jan 26 2010 6:22 pm

    skimmer kan istilah untuk kapten tim sepakbola broo๐Ÿ˜€

    ya skrg saya juga waspada sblm ambil uang di atm, cek ada cctv rahasia atau ada skimmernya gak..

    karena dah berkunjung duluan, linknya dah saya pasang di blogroll ya.. ditunggu balik hehe…
    salam

    • kimsanada / Jan 26 2010 11:29 pm

      hahahaha…
      baguslah.. dengan kewaspadaan tingkat tinggi bisa melatih sensitifitas dan ketelitian mata lho… nantinya bisa dengan cepat membedakan antara uang 2rb sama 20rb yang hampir mirip itu…๐Ÿ˜€

      link mas udah ane pasang nih… makasih atas kunjungannya… ^^

  3. gadgetboi / Jan 28 2010 7:30 am

    ngeri ….

  4. kartunmania / Jan 28 2010 10:42 am

    Duitnya pindahin di bawah kasur aja….
    Di jamin aman dari mafia….
    tp tidak dari istri….. hahahahaha…..

    • kimsanada / Jan 28 2010 12:05 pm

      pengalaman pribadi bung?๐Ÿ˜€

      • kartunmania / Jan 29 2010 4:03 pm

        hahahahahaha……..

  5. ilcharama / Jan 28 2010 9:22 pm

    masalahe wi komplek pep,

    meh bantu bongkar kejahatan, ternyata malah di dadekno penjahat,,,

    kan emoh mesti…

    • kimsanada / Jan 30 2010 12:57 am

      Meh piye meneh pep.. Nasibe ngunu kui..
      Kudu akeh istighfar, truz berusaha jadi superhero ben nyiptake generasi khoiro ummah.. Huehehe

  6. teguh novoselic / Feb 6 2010 4:37 pm

    walah…paling km kalo pnya skimer ma cctv juga nglakuin hal sama…gen indonesia jg dah bgtu bro….

    • kimsanada / Feb 6 2010 4:44 pm

      ssssstttt.. jangan keras-keras bro… ntar ada yang tau..๐Ÿ˜€

  7. Achmad / Feb 11 2010 8:39 am

    waktu pasang tuh alat kenapa gak katauan sama satpam ya?

  8. Achmad / Feb 11 2010 8:42 am

    ijin,.. copy untuk melengkapi artikel gan

    • kimsanada / Feb 11 2010 8:56 am

      Masangnya pas satpam lagi ke belakang kali.. Hehe

      Oke gan, ijin diberikan. Makasih udah mampir..๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: