Dendang Skimmer dan Kamera CCTV

Setiap nonton berita, akhir-akhir ini selalu muncul kabar tentang pembobolan uang lewat mesin ATM. Jumlah uang yang tidak sedikit telah berpindah tangan dengan begitu mudahnya tanpa diketahui si pemilik uang.
Mesin ATM yang menjadi perantara nasabah untuk mengambil tabungannya ternyata dimanfaatkan pihak yang tidak bertanggungjawab.

ATM ber-skimmer

Adalah skimmer sebuah alat pembaca data kartu ATM. Ketika data di ATM asli sudah terbaca, maka mudahlah untuk membuat salinan ATM-nya. Namun, begitu saja belum cukup.. Sindikat pembobol ATM itu juga memanfaatkan kamera CCTV untuk menyempurnakan aktifitas mereka. Kamera itu diletakkan menghadap ke arah tombol ATM. Dengan begitu si penjahat akan tahu berapa PIN si nasabah. Dan kamera tersebut disembunyikan sedemikian rupa, sehingga tidak akan membuat user ATM curiga. Sungguh mantab, pikirku..
Bukan karena aku mendukung aktifitas para mafia ATM itu, tetapi kreatifitas merekalah yang membuatku kagum..

CCTV ngintip PIN nih…

Aku pikir, orang-orang Indonesia itu cerdas dan kreatif. Dengan hal-hal terbatas yang dipunyai, maka bisa menciptakan suatu hal yang menguntungkan. Kalo kasus pembobolan ATM itu memang di satu sisi menguntungkan (buat si penjahat), tetapi merugikan nasabah bank pengguna ATM yang notabene adalah pihak protagonis. Mereka dengan jujur menggunakan uang hasil tabungan untuk kepentingan mereka sendiri. Berbeda dengan pihak mafia yang berposisi sebagai lakon antagonis.

Nah, aku jadi berpikir, kenapa kemampuan “Luar Biasa” yang dimiliki tidak ditujukan untuk hal-hal positif saja? 🙂
Seperti misalnya, membantu polisi membongkar kemana uang negara yang ditilep para koruptor. Gandain ATM para koruptor, intip nomor PIN mereka, sikat tabungan mereka yang notabene milik masyarakat untuk dikembalikan pada negara. 🙂

Waduh, ngelantur kemana-mana deh.. Hahaha
Sebagai penutup artikel ini, sebagai warga negara yang baik, juga nasabah bank serta pengguna ATM yang baik pula, lindungilah privasi kita itu dengan seksama dan teliti. Gantilah nomor PIN kita serutin mungkin, atau jika kita tergolong pelupa, tutupi tombol ATM ketika kita hendak memencet PIN sebagaimana kita menutupi kertas ulangan kita agar tidak dicontek teman. 😀

Jangan sampai orang merugikan kita dengan memanfaatkan privasi kita
🙂

Sumber:
http://samudro.wordpress.com

Advertisements

16 thoughts on “Dendang Skimmer dan Kamera CCTV

  1. skimmer kan istilah untuk kapten tim sepakbola broo 😀

    ya skrg saya juga waspada sblm ambil uang di atm, cek ada cctv rahasia atau ada skimmernya gak..

    karena dah berkunjung duluan, linknya dah saya pasang di blogroll ya.. ditunggu balik hehe…
    salam

    • hahahaha…
      baguslah.. dengan kewaspadaan tingkat tinggi bisa melatih sensitifitas dan ketelitian mata lho… nantinya bisa dengan cepat membedakan antara uang 2rb sama 20rb yang hampir mirip itu… 😀

      link mas udah ane pasang nih… makasih atas kunjungannya… ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s