Skip to content
January 10, 2010 / kimsanada

Si imut Koala-ku dah sehat lagi… ^^

Hari jum’at kemarin Karmic Koala-ku mengalami eror. Lepiku ngehang gara-gara maenin game TEKKEN 3 lewat ePSXe (emulator game PSX berekstensi .exe) yang ku jalanin di Wine (Emulator Windows program yang gak mau dibilang emulator). Alhasil, secara gampangnya aku maen game lewat emulator di dalam emulator. :D7

Ketika dimaenin, itu game berjalan sangat lemot. Ibarat sebuah pilem, maka bisa disebut “slow motion”. ย Sebegitu lemotnya sampai-sampai gamernya gemes bukan kepalang. Akhirnya pas ketemu sama seorang kawan, dicoba settinglah itu emulator (ePSXe).

Apa yang bisa kita lakuin, kita ujicobakan lewat setting konfigurasi itu emulator. Yang hasilnya TEKKEN 3 masih saja lemot. Sialnya pas aku berniat matiin itu emulator ePSXe, kok gak mau nutup… Yasudah, aku coba nutup itu emu pake Force Quit yang fungsinya matiin paksa aplikasi yang bandel. Sebenarnya langkah itu tidak dianjurkan, tapi aku tipe orang yang gak sabaran… :D7 Dari hal tersebut didapatkan bahwa meski emulator itu sudah nutup-pun, suara game-nya masih kedengeran bentar..๐Ÿ˜€

Tanda-tanda gak beres itu pun terbawa sampai keesokan harinya. Aku nyoba nyalain lagi laptop kesayanganku, berharap semua telah kembali seperti semula. Alangkah “bahagia”nya aku begitu mendapati bahwa kondisi Koala-ku malah tambah parah. Aplikasi yang kucoba buka antara lain gedit Teks Editor, lalu Appearance Preference danย Update Manager kok gak nampak wujud aslinya, yang muncul cuman layar hitam tanpa bisa diapa-apain kecuali di-close.

Tindakan gegabah pun segera ku lancarkan, dengan cekatan aku pencet dan tahan tombol ON/OFF, yang mana itu artinya aku melakukan shutdown paksa. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa pemaksaan akan berdampak buruk. Begitu juga tak ubahnya perlakuanku terhadap Laptopku. Usai melakukan itu, aku nyalain lagi laptopku. Kukira akan berjalan dengan lancar dan beres lagi, tetapi yang kudapatkan adalah si Koala minta di-maintenance. Dasar masih sekelas newbie, aku gak ngerti harus masukin kode apa usai masukin password Root-ku.

Pusing bertambah kepala aku.. >.<

Seharian aku nongkrong di depan laptopku mencoba mencari tahu solusi yang bisa aku ambil. Bertanya ke temen yang udah lebih dulu make Ubuntu gak juga kudapetin titik terang. Akhirnya aku posting saja di Kaskus. Respon yang cepat dari temen-temen kaskus membuat aku betah berlama-lama di depan situs kaskus. Aku merasa mendapat pencerahan dari situs itu.

Intinya, masukkan password root ketika diminta system.

Ketika sudah masuk sebagai root, masukin command berikut:

#fsck /dev/sdax

“x” berarti partisi system linux kita.

Lalu akan muncul banyak pertanyaan ย yang harus dijawab Y/N. Karena keterbatasanku dalam bahasa Inggris, akhirnya aku ketik saja “Y” untuk menjawab semua pertanyaan yang muncul. :D7

Usai menjawab semua pertanyaan, ternyata masih belum juga kelar proses maintenance itu. Masih sebagai root, aku diminta untuk masukin command lagi (yang masih ku belum tahu harus ngetik apa). Asal aja aku ketik:

#restart

Binggo!!!

Masuklah aku ke desktop, bisa berbuat semauku dengan si Koala. :D/

Entahlah command terakhir itu sebenarnya ngefek atau gak, belum aku cari tahu lagi. hehe

Setelah itu semua, aku berpikir, mungkin gara-gara hari kamis aku membuat password untuk Root, jadinya pas si Koala butuh maintenance, aku harus masukin password rootku. Mungkin seperti itu… atau adakah dari temen-temen yang tahu kenapa hal yang kuceritakan di atas menimpa Koalaku? Silahkan tinggalkan komentar untuk menambah ilmu lagi tentang Ubuntu.๐Ÿ™‚

9 Comments

Leave a Comment
  1. adnan / Jan 11 2010 11:34 am

    wah, bisa berbagi main game dung…

    lama gak men Game nih mas di Karmic Koala… he.. he..๐Ÿ™‚

    • kimsanada / Jan 11 2010 11:51 am

      Ayo2 berbagi mas..
      Dulu aku maniak game, sekarang karna ksibukan njalanin status mahasiswa jadi ngurangin dah tu hobi.. Hahaha

  2. irawan / Jan 11 2010 3:56 pm

    kyknya klo maen games agak beratan dikit emg susah di linux….makanya skrg beta jrg ngegames semenjak pke ususbuntu…eh ubuntu..๐Ÿ™‚

    • kimsanada / Jan 11 2010 4:06 pm

      sekarang sih udah lumayan banyak game berat yang didukung linux mas. Kayak RO, atau Warcraft juga bisa dimainin di Ubuntu.. tinggal spek kompi/laptopnya aja yang kuat atau enggak…๐Ÿ˜€

    • adnan / Jan 12 2010 9:24 am

      iya, betul mas…๐Ÿ˜€

      lm2 ubuntu jg slalu berbenah…๐Ÿ˜€

      mkin lm mkin yahud dah..๐Ÿ˜€

      • kimsanada / Jan 12 2010 6:33 pm

        Seandainya saya udah paham bahasa pemprograman, saya bantu berbenah dah.. Sayangnya saya cuma newbie yang masih awam..๐Ÿ˜€

  3. blackenedgreen / Jan 13 2010 11:58 am

    banyak panduan linux/unix kan di internet? buku yang bisa di download juga ada kan di mIRC?

    baru ini dengar ada yang mainin ePSXe di wine… nekat๐Ÿ™‚

    tapi seharusnya ubuntu gak serewel itu deh… force quit seharusnya selesai urusan, lagi sial kali ya?

  4. kimsanada / Jan 13 2010 2:38 pm

    Hwahahaha..
    Iya ni mas, saya terlalu nekat..๐Ÿ˜€
    Tapi setidaknya dapet pembelajaran penting….๐Ÿ˜€

  5. Blog info / Dec 22 2010 6:13 pm

    thank for nice info…

Leave a Reply

