Skip to content
January 10, 2010 / kimsanada

Ritual Bakar Ikan

Malem sabtu kemarin (8 Januari 2010), tepatnya di rumah imam (salah seorang kawan sefakultasku), terjadi ajang pembantaian terhadap ikan. Yang satu namanya ikan tongkol dan jenis yang lain lupa aku namanya..πŸ˜€ Ritual itu sudah dimulai sejak sore harinya sekitar jam 4. Aku, Wahyu, Luqman dan Ragil memulai perburuan ikan. Tujuan kita adalah Makro (sebuah toko grosir yang cukup ternama di Semarang). Di sana kita berempat mencari-cari ikan yang cocok untuk dibakar.

Perburuan ikan di Grosir Makro

Ikan “tangkapan” Ragil khas Mancing Mania

Pasukan Ikan siap bertempur

Aku, Luqman, Ragil, Wahyu

Si ikan minta tolong

Usai memperoleh ikan yang diinginkan, kita berempat pulang ke kost masing-masing. Kita berempat nyiapin perlengkapan tempur buat ritual malem harinya. Ada yang bawa arengnya, lombok dan kawan-kawannya..πŸ˜€

Jam 7 lebih dikit, Aku sama Wahyu nyampe di rumah si Imam. Di sana sudah ada si Ragil dan Luqman. Segeralah kita nyiapin perlengkapan ritual bakaran. Mulai dari nata bata buat alas bakarannya sampai bersihin ikan calon korban ritual.

Wahyu bikin sambel iblis

Tidaklah mau berlama-lama, akhirnya Ragil dan Wahyu segera menaikkan sang ikan ke podium bakaran. Secara bergantian, Aku, Ragil dan Wahyu mengipasi sang korban. Lama-lama capek juga kita orang punya tangan. Akhirnya, Aku menyetuskan ide berdasarkan hasil semedi sesaat. Inilah yang kemudian terjadi…

Jangan ditiru, nanti kena UU Hak Asasi Kipas Angin

Gak lama kemudian, matanglah ikan-ikan yang kita bakar. Demi mencegah perang dunia dengan bangsa ikan, maka dengan hati terbuka ikan hasil bakaran tidak kami ambil gambarnya. hehe

Inilah suasana icip-icip ikan bakar

Ketika sudah beranjak malam, Mas Roni bergabung bersama kita. Dia adalah petugas Laboratorium Psikologi kampus kita yang pernah mencicipi posisi Presiden BEM pada jamannya. Dia datang paling telat karena ada urusan dengan teman-temannya dulu katanya.

Imam sang tuan rumah (kiri) dan Mas Roni sang tamu (kanan)

Kita makan sambil nonton pilem “The Maling Kuburans” di laptopnya si Ragil. Sambil bercanda-ria. Bener-bener suasana yang kelak akan kita rindukan. Suasana yang akan membawa persahabatan kita erat hingga kita tidak lagi ada di dunia ini. Uenak tenaaaan.

“Mari berkumpul, mari bicara.”

[terinspirasi dari iklan teh]

πŸ™‚

10 Comments

Leave a Comment
  1. Andy MSE / Jan 11 2010 9:11 am

    ndisik pas aku isih ning semarang, ritual dimulai dengan mancing di boom lama… kl dapatnya ikan kecil2 ya digoreng aja, kl dapat yang besar ya dibakar…
    kl sedang ga punya duit, mancing mujahir di tambak atau mancing malam nyari kutuk di drainase semarang indah…
    kadang2 mancing di muara banjir kanal. kalau sedang musimnya, asyik juga mancing blanak atau udang di banjir kanal… pokoke maknyusss…

    • kimsanada / Jan 11 2010 10:50 am

      Siplah mas..
      Knangan lama yg indah..πŸ˜€

  2. kartunmania / Jan 11 2010 12:42 pm

    Kalo yang paling ujung itu, ikannya lebar2 dan kulitnya tebel, kayaknya ikan ayam-ayam deh mas…
    rasane lumayan uenak, meskipun gak segurih baronang ato kerapu…

    Hehehe.. mampir-mampir iki mas

  3. kimsanada / Jan 11 2010 12:56 pm

    Weruhan ah sampeyan ki.. Hahaha
    Oke, makasih ya udah mampir..πŸ™‚

  4. smansakakap / Jan 12 2010 5:25 pm

    Hahaha…, mantap tuh berburu ikannya. Ternyata! TAk kuduga! Ternyata ikannya udah siap tempur hahahaha.

    *Ritual buat apa tuh mas?πŸ˜€ ritual buat ngisi perutπŸ˜€

    • kimsanada / Jan 12 2010 6:26 pm

      Iya nih.. Buat ngisi perut kita. Hehe

      Eh, gak juga ah, itu tu buat mempererat rasa persahabatan kita kok..
      Dengan berbuat sesuatu hal bareng-bareng, maka akan tercipta rasa eksistensi diri dan rasa dihargai. Dan itu bukti bahwa kita gak hidup sendiri.πŸ™‚

  5. blackenedgreen / Jan 13 2010 12:01 pm

    kekejaman seperti ini harus dihentikan…

    “sigh” jadi ingat waktu kuilah,

    • kimsanada / Jan 13 2010 2:49 pm

      Lebih parahkah dulu pas kuliahmu mas? Hehe

Trackbacks

  1. Motor itu Ikhlas… « Kimsanada's Blog
  2. Kekuatan Kepepet is OK!!! « Kimsanada's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: